Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

Sabtu, 30 Desember 2017

, , ,

Cari Kalkulator Scientific? Review Kalkulator Scientific Casio Classwiz FX-570EX, Casio FX-991ES, Casio FX-350ES Plus, Kalulator Android "Wolfram Alpha", Kalkulator Windows "Microsoft Mathematics" dan Tips Memilih KalkulatorScientific

Share
Assalammualaikum wr. wb.
Bismillahirrohmanirrohim

Still with me with a different topic. Kali ini aku mau ngereview tentang kalkulator saintifik, kalkulator jaman now. Kalkulator dibutuhkan banget bagi utamanya mahasiswa, siswa, dan bahkan para pedagang (kalau yang ini cuma pakai +,-, x, : nya, wkwkwk). Aku pertama butuh kalkulator itu kalau nggak salah jaman SMA. Jaman SMP sih, masih gampang - gampang ya itungannya, logaritma pun pasti logaritma yang bagus - bagus. Atau kalau butuhnya pas ngitung pembagian yang jelek - jelek gitu lah ya.

Di SMA manfaatnya buanyaak banget, apalagi kimia. Kalau matematika, nggak pakai kalkulator masih bisa, karena pasti gurunya ngasih angka yang cantik - cantik. Kalau di kimia itu ada yang namanya pH dari asam atau basa. Yang ini ngitungnya pasti pakai kalkulator karena butuh operator logaritmanya.

Balik ke kalkulator nih, seumur - umur, aku berurusan dengan 4 kalkulator:
1. Casio FX-350ES Plus dari jaman kelas XI sampai sekarang.
2. Casio Classwiz FX-570EX untuk hadiah ulang tahunnya Surya.
3. Wolfram Alpha dari jaman kuliah sampai sekarang.
4. Casio FX-991ES jaman kelas X dulu.

Nih gue ceritain satu - satu keunggulan, kelemahan dan sejarahnya. Check this out!

Yang pertama Casio FX-991ES versi lama dulu lah ya, soalnya udah ada duluan sejak jaman kelas X. Nih kalkulator aku dapetnya gratisan, dipinjemi kakak sepupu. Kurawat tuh kalkulator baik - baik, pernah dipinjem Mas Bintang, kakak kamarku di B31 yang SA3. Yaa namanya yang pinjem kakak yaa, takut juga buat nolak, lagian juga nggak ada alasanku untuk menolak, Mas Bin orangnya baik kok. Hari berganti hari, minggu berganti minggu, bulan berganti bulan, nggak kerasa udah satu tahunan aku di asrama, sekamar juga bareng Mas Bintang, eh kalkulatorku nggak pernah dibalik-balikin juga, sampai Mas Binnya udah lulus dan keterima di ITB alhamdulillah. Ya salahku juga sih nggak pernah nanyain, aku juga sungkan kalau kalkulatornya emang hilang. Tapi btw, ini cerita seingetku sih, bisa aja pernah dikembaliin Mas Bin terus aku lupa naruhnya. Soalnya waktu dulu aku juga pernah kecolongan tepak di asrama (bisa aja kalkulatornya ngikut juga). Btw ini penampakannya:

Dari keyboardnya jelas sih ya, semua fungsi - fungsinya lengkap (nanti bakal tak jelasin di FX-350ES Plus). Oh ya, aku disini mbandinginnya pakai standar yang FX-350ES Plus, karena dari keempat kalkulator itu, ini yang paling low definition. Bedanya dari yang FX-350ES Plus adalah mode - modenya. Kalau nggak salah disini ada mode matriks (untuk penghitungan matriks), base (penghitungan menggunakan bilangan berbasis biner, heksa, okta), vektor (untuk penghitungan vektor), dll yang aku lupa. Nanti bakal tak kasih manualnya untuk kalian bisa pelajari. Dan yang asik di kalkulator ini, ada integral dan diferensialnya, tapi harus "tertentu" ya, maksudnya memiliki batasan integralnya berapa sampai berapa dan kalau diferensial di absis berapa, terus juga ada penghitungan deret menggunakan notasi sigma. Ketiga fitur itulah yang menurutku menjadi keunggulan dari semua seri 991. Termasuk juga kalau kalian pilih yang mau ada tenaga suryanya ya ini bisa (tapi kalau nggak salah baterai dalemnya baterai jam). Kalau mau baca selengkapnya seputar nih kalkulator bisa disini. Oh ya, masalah harga, karena bukan aku yang beli, aku nggak tahu harganya.

Kemudian lanjut kalkulator berikutnya yaitu FX-350ES Plus. Ini menurutku kalkulator yang paling low definition dari ketiga lainnya. Kenapa kok aku bilang gitu? Karena fitur - fitur di kalkulator ini dimiliki oleh semua ketiga lainnya, sedangkan dia sendiri tidak punya fitur dari saudara - saudaranya. Tapi kalau emang cari yang murah, berkualitas dan cuma niatnya buat itung - itungan, kalkulator ini menjanjikan lah lumayan. Pas untuk kantong pas - pasan. Ceritanya dulu, setelah sepeninggalan kalkulatorku yang dibawa Mas Bin, kan ada masa vakum kalkulator, akhirnya aku beli deh nih kalkulator, yang termurah tapi masih tetep mumpuni. Nih penampakannya:


Fiturnya ya masih kalau untuk fungsi - fungsi hampir semua ada. Logaritma basis berapapun, logaritma natural, trigonometri dan trigonometri hiperbolik beserta inversnya, akar, faktorial, faktorisasi prima, dll. Untuk modenya ada 3, komputasi biasa (kalkulasi angka - angka), tabel (untuk penghitungan nilai dari suatu fungsi dengan memasukkan fungsi dan domain yang diinginkan), dan juga statistik. Selama aku menggunakan nih kalkulator, yang paling berguna itu mode komputasi dan statistik. Kalau statistik, pastinya digunakan untuk analisis statistik. Di sini, lo tinggal masukin data dalam sebuah tabel, terus diolah, bisa dicari deh tuh variansinya, rata - ratanya, sigma x, sigma y, regresinya, dll secara otomatis. Untuk powernya, kalkulator ini nggak ada solar cellnya (yayalah, orang murah) tetapi yang aku suka, dia menggunakan baterai biasa ukuran AAA yang mudah dicari di toko - toko. Kalau mau baca selengkapnya, bisa disini. Masalah harga, lumayanlah ya kalkulator yang satu ini, butuh ngerogoh kocek sekitar Rp 150.000.

Berlanjut ke kalkulator ketiga yaitu Classwiz FX-570EX. Sesuai namanya nih kalkulator emang idaman banget bagi semua siswa sekolah maupun mahasiswa. Dari kecanggihannya, kalkulator ini mengalahkan kedua kalkulator yang saya sebutkan di atas, Bagi saya, kalkulator ini cukup untuk menyelesaikan semua persoalan secara otomatis di bangku SMA, mulai dari polinomial (persamaan kuadrat, pangkat tiga, pangkat empat), vektor, matriks, pertidaksamaan, sistem persamaan linear, statistika, dll. Jadi, buat kalian yang masih duduk di bangku SMA, you better buy this calculator, apalagi kalau yang belum punya kalkulator. Selain dari mode - mode yang saya sebutkan tadi, kalkulator ini juga bisa digunakan untuk olah data dengan spreadsheet seperti di excel. Untuk supply energynya, kalkulator ini menggunakan baterai AAA, favoritku lah, daripada kalau dengan baterai jam.

Ceritanya dari kalkulator ini adalah kalkulator ini kubeli sebagai hadiah ulang tahunnya Surya yang ke-17, sweet seventeenlah. Sebelumnya, dia cerita kalau kalkulatornya hilang, so ini hadiah yang suitable banget, apalagi kalkulatornya dulu itu versi yang S.V.P.A.M. (nanti tak jelasin) yang kurang canggih. Lagian, juga ini kan spesial 17, so I want to give much special too. Kalkulator ini, kubeli di JD.ID dengan harga Rp 299.000 dengan gratis ongkir. Sumpah, nih kalkulator idaman bangeeet, aku yang ngasih hadiah malah jadi pingin upgrade kalkulator, tapi apadaya uangnya itu loo (hiks). Btw, kayak gini nih penampakannya:
Gimana nih menurut lo fisiknya? Classy dan metallic gitu kan? Bagusss banget kalau menurutku, bedalah dari kalkulator casio jaman - jaman old. Kalau lo masih mau kepo - kepo tentang nih kalkulator, bisa nih klik disini. Intinya yaa, uintiii banget, THIS IS THE BEST CALCULATOR.

Kalau tadi udah pada ngomongin kalkulator hardware, sekarang aku mau bahas kalkulator software. Disini pilihannya ada dua, Wolfram Alpha untuk di platform Android dan Microsoft Mathematics di platform Windows. Keduanya hampir sama sih menurutku, tapi penggunaan Wolfram alpha lebih luass. Yuk langsung bahas aja.

Wolfram Alpha. Kalau nggak salah berawal dari tugas barisan dan deret waktu SMA dulu, saking buntunya akhirnya searching internet. Di internet akhirnya nemu website Wolfram Alpha yang ternyata bisa menyelesaikan semua permasalahanku. Dari situ mulailah cari - cari tentang Wolfram Alpha sampai akhirnya nemu di Google Play sebagai aplikasi Android. Sayangnya, pas diklik eeeh keliatan dah tuh ada harganya Rp 11.000. Waduuuh, buseeet dah, males banget aku belii, mending buat beli takoyaki. Akhirnya mulailah cari di internet "free download wolfram alpha full version" dan alhamdulillah akhirnya nemu bajakannya, yeeey. Nih gue kasih kalau mau, klik disini. Oh ya, dan jangan lupa, Wolfram Alpha ini aplikasi yang butuh koneksi, jadi kalau mau memakai harus online yaa.

Wolfram Alpha ini luasss banget penggunaannya, nggak hanya Matematika. Matematika aja udah luas lo, dia bisa menyelesaikan segala persamaan bahkan untuk kalkulus (integral, limit, diferensial) yang tak tentu sekalipun. Hebatnya juga, dia memberikan tak hanya jawaban akhir, dia juga memberikan step penyelesaiannya, wiiih. Persamaan diferensial pun bisa diembat, bener - bener beruntung dah punya software ini, tugas kuliah luancar jayaa. Terus kan tadi kubilang nggak hanya Mat, kimia pun ternyata bisa looo. Kalau kamu ngetik nama senyawa atau rumus kimianya, dia bakalan menunjukkan sifat - sifat dari senyawa tersebut. Sumpaah, canggih bener. Selain itu, dia dilengkapi kayak ensiklopedia gitu sih, jadi overall seperti Google versi Scientific yang mampu memecahkan segala permasalahan saintifikmu. Kayak gini nih penampakannya (versi online website):


Beralih ke software kalkulator berikutnya yaitu Microsoft Mathematics. Sesuai namanya, nih software adalah buatan dari Microsoft. Mirip seperti Wolfram Alpha, software ini bisa digunakan untuk penghitungan - penghitungan beserta penyelesaiannya. Bedanya dengan Wolfram Alpha, dari segi platformnya jelas ya, terus dari segi bidangnya, kalau Wolfram Alpha semua bidang hampir bisa, kalau Microsoft Mathematics, sesuai namanya, cuma bisa matematika doang. Keunggulannya, dari segi tampilan input, jika dibandingkan dengan Wolfram Alpha yang harus nulis ribet karena cuma 1 row (pangkat = ^, kali = *, bagi = /, dll), di Microsoft Math ini tersedia keyboard layaknya di Word di bagian Mathematic Equation, jadi nanti tampilannya bakal natural view. Microsoft Math ini juga bisa digunakan sebagai media menggambar grafik. Di Microsoft Math ini juga ada perintah - perintah seputar logika matematika (belum pernah nyoba sih, soalnya emang bukan jurusannya) dan juga triangle solver yang berfungsi untuk mencari sifat - sifat segitiga yang belum ditentukan dari sifat - sifat yang sudah ditemukan (misal cari sudut jika hanya diketahui semua sisinya). Kalau mau download bisa disini (khusus untuk yang Windowsnya 86 / 32 bit aja ya). Untuk yang kepo penampilannya, seperti ini nih:


Nah, dari pembahasan - pembahasan di atas, sekarang aku mau ngasih tips nih cara memilih kalkulator yang tepat dan bagus dan canggih, check it out:

1. Tentukan tujuanmu menggunakan kalkulator itu.
Kalkulator itu macem - macem yaa variannya, ada yang biasa kayak buat pedagang, saintifik kayak buat mahasiswa, grafik, programming buat programmer, dll. Tapi dari kesemuanya itu, yang pasti butuhnya itu yang saintifik. Masalah harga tenang aja, lumayan - lumayan kok harganya, tergantung mau yang gimana. Kutekankan juga, disini yang kubahas seutuhnya tentang kalkulator saintifik yaa.

2. Mending beli mahal, tapi sekali seumur hidup.
Nah ini prinsipku banget. Waktu dulu beli, sayangnya belum ada ya versi classwiz, akhirnya pilih yang biasa aja. Aku kalau beli barang - barang gitu prinsipnya gini, kalau emang itu penting, sekalian dah beli yang mahal tapi sekali aja, gak usah beli - beli lagi.

3. Pilih yang canggih yang manfaatnya banyak.
Canggih disini artinya banyak fiturnya. Kalkulator itu canggih kalau penggunanya juga canggih (terampil menggunakan). Secanggih - canggihnya kalkulator, kalau lo gak bisa explore fungsi - fungsinya, ya percuma aja, paling - paling cuma bisa buat ngitung tambah, kali, kurang, padahal manfaatnya seambrek. Disini juga prinsipnya kalau kalkulator canggih itu biasanya mahal.

4. Pilih yang powernya dari baterai AAA.
Aku kalau beli kalkulator mesti cari yang baterainya AAA. Kenapa? Biar mudah cari ganti baterainya kalau habis. Biasanya, kalau baterainya udah AAA, nggak ada solar cellnya, nah menurutku biarin aja sih, toh solar cell energinya nggak seberapa. Pengalamanku, dulu banget punya kalkulator yang ada solar cellnya, waktu udah mau "dead", kujemur dah tuh kalkulator biar baterainya keisi. Eh malah LCDnya leleh, ngeblur kesana kemari, mungkin gara - gara kepanasan.

5.  Pilih yang Natural V.P.A.M. / Natural View.
Apa itu natural V.P.A.M. ? Jujur, aku nggak tahu sih, coba cari aja di google. Sepengetahuanku, jenis kalkulator itu ada 2, yang natural V.P.A.M. dan S.V.P.A.M. Nah, kalau natural itu tampilan di kalkulatornya bakalan real kayak kita biasanya nulis (Contoh: Pecahan setengah bakal ditulis "1 per 2" menggunakan garis lurus datar, pangkat bakal ditulis menggunakan superskrip), sedangkan pada S.V.P.A.M., tampilannya bakal kayak di Wolfram (Contoh: Pecahan setengah bakal ditulis 1:2, pangkat bakal ditulis menggunakan "^"). Nah, enak mana? Kalau aku sih enak natural, soalnya easy to understand dan bisa diatur sesuai kemauan kita lah, apa yang seharusnya ingin kita komputasikan.

Overall, setelah mbacot sekian panjang, back to quote saya tadi "Kalkulator canggih bakal canggih kalau penggunanya juga canggih". Jadi, setelah beli mahal - mahal mari biasakan baca manual penggunaan dan eksplor kalkulator kita. Nah, disini, aku ada contoh manual dari kalkulator Casio seri FX-991, dari manual ini sih hampir compatible lah ya dengan semua jenis kalkulatornya casio yang natural V.P.A.M. Cus, dipelajari yuuk. Download disini. Dan satu juga saran terakhir, diatas kan ada 2 software kalkulator tuh, kalau bisa download aja semua, mumpung gratis, gunakan sebaik mungkin.

Mungkin sekian yang bisa saya bacotkan dan bagikan, semoga bermanfaat dalam memilih dan menggunakan kalkulator. Mesin ada untuk membantu manusia, jangan mau malah diperbudak oleh mesin. Sekian.


Wassalammualaikum wr. wb.
(OJOK MEK DIDELOK TOK POO REK, KOMENEN PISAN TALAH)

3 komentar: