Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

Minggu, 17 Desember 2017

Kuliah Mikrobiologi yang Gitu - Gitu Aja

Share
Assalammualaikum wr. wb.
Bismillahirrohmanirrohim

Long time no see. Sekarang, motivasi nulis blog udah terkumpul kembali. Kenapa? Ya karena udah liburan,  alhamdulillah. Di postingan kali ini, aku mau ngelanjutin mbahas tentang kuliahku yang semester 2 dulu, ya meskipun sekarang udah semester 4, gak plong gitu rasanya kalau nggak ngelengkapin semua review kuliahku semester 2. Okay, langsung aja cus aku mbahas tentang matkul Mikrobiologi.

Alhamdulillah puji syukur banget dosen pengampu matkul ini adalah Pak Eli dan Pak Subandi. Di tengah semester pertama kuliah diisi oleh Pak Eli, lalu tengah semester berikutnya diisi Pak Bandi. Pak Eli kuliahnya mbahas seputar teknis - teknis dan introduction tentang mikrobiologi. Nah, cara ngajarnya enak, tapi menurutku kurang efektif. Ngajarnya itu mahasiswa dibagi kelompok, suruh buat presentasi dan presentasi deh. Udah, itu aja tugasnya, wkwkwk. Tapi jangan santai - santai, di tiap akhir presentasi, kelompok presenter harus memberikan posttest. Ada juga sesi pertanyaan kok, ya kayak presentasi biasanya lah. Terus, kenapa kok aku bilang kurang efektif? Karena kalau dijelasin dengan presentasi teman itu kayak kurang trusted gitu materinya, bener atau nggaknya. Tapi yang aku suka dari Pak Eli, beliau memberikan tambahan - tambahan di akhir presentasi, meski aku masih kurang sreg gitu sih tentang kredibilitas materi presenter. Yang aneh lagi nih, meskipun di tiap akhir presentasi dibikin posttest, masalahnya hasil dari posttest yang dikoreksi oleh pembikin posttest itu tidak pernah direkap ke Pak Eli, jadi ya sama aja boong, percuma.

Di luar itu semua, ulangannya enak kok, masih masuk materi. Dan diambilkan dari PPT - PPT hasil mahasiswa itu. So, don't worry, selama belajarnya ada acuannya itu, ya pasti bagus deh. Oh ya, dari tadi ngomong teknis mulu ya, sekarang mbahas materinya deh. Aku agak lupa sih materi - materinya, yang kuinget yang bagianku "SEM dan TEM", itu mbahas tentang mikroskop elektron tipe scanning dan transmission, kelompok lain ada yang mbahas pembuatan biakan murni, irisan - irisan, sterilisasi, dll. Mbahas prosedural lah pokoknya.

Itu kalau Pak Eli ya, sekarang kita bahas Pak Bandi. Materi yang dibahas Pak Bandi di kuliah ini yaitu seputar Virologi dan Mikrobiologi Terapan. Ya bagi kalian yang udah tahu metode pengajarannya Pak Bandi, ya tetep kayak gitu lah yaa, wkwkwk. Dibagi kelompok, buat makalah, presentasi. Kali ini makalahnya ya tentang mikrobiologi terapan itu. Masing - masing kelompok dapat kingdom, dan diminta ambil satu contoh untuk dibahas. Ada yang dapat fungi uniseluler, fungi multiseluler, bakteria, protista, dll. Aku waktu itu mbahas Saccharomyces cereviceae. Bedanya Pak Bandi dan Pak Eli ini, kalau Pak Bandi tidak ada posttest, tetapi pertanyaan audiens selalu ditampung barangkali bisa dijadikan soal ujian (Pak Bandi's style banget lah). Terus kalau menjawab pertanyaan, kamu nggak perlu ragu, atau takut kalau misal nggak tahu, karena Pak Bandi will always help you. Sekalipun kamu kathok (nggak tahu blass), Pak Bandi bakal njawabin, wkwkwk.

Di lain sisi, enaknya Pak Bandi itu dikasih soal latihan ulangan (mwestiii, makanya wenak pokoke). Dan yang keluar ngeplek, wkwkwk. Ini contohnya soal latihan ulanganku dulu ...


Selain itu, Pak Bandi juga ngasih PPT ini, check it out deh ...
PPT Virologi dan Peran Mikrobiologi dalam Bioteknologi

Oke guys, sepertinya itu aja sih yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat ya terutama bagi kalian yang kuliah di Kimia UM. Overall dosen dan matkulnya enak, tidak memberatkan, masuklah ya ke mottoku "Dosen yang tidak mempermudah mahasiswanya, bakalan masuk surga, Aamiin".


Wassalammualaikum wr. wb.
(OJOK MEK DIDELOK TOK POO REK, KOMENEN PISAN TALAH)

0 komentar:

Posting Komentar