Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

Kamis, 28 Desember 2017

Kuliah Kimia dalam Kehidupan Sehari - hari

Share
Assalammualaikum wr. wb.
Bismillahirrohmanirrohim

 Back with me still in the same topic "review kuliah semester 2". Kali ini aku bakal cerita singkat aja sih tentang kuliah "Kimia dalam Kehidupan Sehari - hari". Kenapa kok aku bilang singkat? Well, karena dosen pengampunya Pak Bandi, yang notabene udah banyak tak jelasin lah ya di postingan review kuliah sebelumnya (re: Mikrobiologi dan Dasar - Dasar Sains). Bagi kalian yang sudah membaca atau merasakan bagaimana diajar oleh Pak Bandi pasti sudah sangat tau lah ya. Oh ya rek, matkul KDKS ini merupakan matkul pilihan. Kelasnya kalau nggak salah cuma dibuka 2 (satunya diajar Pak Eli atau Pak Aman gitu kalau nggak salah). Jadi, kalian harus rebutan kalau mau ambil matkul ini. Atau ada pilihan matkul lain, yaitu "Sejarah Kimia", wkwkwk. Kalau aku males banget sih ya belajar sejarah - sejarah gitu, nulis panjang aja pasti jeleknya.

Back toPak Bandi. Ya, Pak Bandi ya masih gitu - gitu aja sih metode ngajarnya. Ini bukannya aku protes, dislike atau apa ya, enak kok menurutku dengan cara seperti itu. Seperti quote favorit beliau "Cara belajar terbaik adalah dengan mengajarkannya".

So, back to kuliah ini. Metodenya ala Pak Bandi pastinya, dikelompokkan, membuat makalah, presentasi, tanya jawab. Kelompoknya mencakup 2 - 3 mahasiswa / kelompoknya. Materinya emang banyak banget yang harus disampaikan. Namanya aja Kimia dalam Kehidupan Sehari - hari ya, kita disini bakal bahas produk - produk yang berbahan kimia. Kelompoknya dibagi misalnya ada yang bahas pasta gigi (kelompokku), minyak goreng, biodiesel, BTP (Bahan Tambahan Pangan), bioetanol, sabun, deterjen, baterai, logam mulia, dll. Satu pertemuan 2 presentasi. Kalau soal tanya jawab, ya pasti yang aktif dikasih poin. Terus Pak Bandi juga akan membantu dan mengoreksi presenter untuk menjawab pastinya.

Masalah ulangan ya masih ala Pak Bandi juga, beberapa diambil dari pertanyaan audiens yang pernah ditanyakan. Pak Bandi juga as usual pasti memberi latihan soal. Kayak ini nih contohnya. Lalu, jangan puas hanya belajar dari situ. Kemarin aku kaget ada soal yang tak terduga ternyata, belum pernah sama sekali dibahas. Oh ya, tipe soalnya kan ada yang pilihan ganda dan esai. Yang esai ngeplek lah sama yang latihan soal. Nah, yang pilihan ganda ini ada yang menceng-menceng dikit. Lebih baik kalian juga belajar tentang bilangan penyabunan, bilangan iodin pada minyak goreng, terus belajar juga komposisi dari pembersih kaca, dll. Pokoknya kalau mau aman, perluaslah wawasanmu. Overall enak sih matkul ini, daripada matkul sebelah, menambah wawasan banget yang bisa diterapin ke kehidupan sehari - hari sesuai namanya.

Wassalammualaikum wr. wb.
(OJOK MEK DIDELOK TOK POO REK, KOMENEN PISAN TALAH)

0 komentar:

Posting Komentar